News

Perhatikan Gizi Saat Sahur Sebelum Mudik Pakai Kendaraan Pribadi


Anda berencana melakukan perjalanan mudik Lebaran di tengah bulan puasa menggunakan kendaraan pribadi? Ada baiknya Anda mempersiapkan kondisi fisik dengan memenuhi asupan gizi saat sahur. Ini perlu diperhatikan mengingat aktivitas berkendara yang cukup lama dapat menguras kondisi fisik.

Menurut dr, Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, sahur menjadi momen yang tak boleh dilewatkan apabila merencanakan perjalanan mudik. Selain itu, jumlah asupan gizi yang sesuai akan membuat perjalanan mudik menjadi nyaman.

“Orang itu kalau mudik harus siap. Artinya kebutuhan gizi itu harus dipenuhi, terutama saat sahur. Pertama harus ada karbohidratnya. Bisa dari nasi, atau kalau tidak mau nasi bisa diganti mi, roti, spageti, atau makanan lain yang mengandung karbohidrat,” ungkap Fiastuti.

Disamping karbohidrat, Fiastuti juga menekankan untuk mengonsumsi sumber protein dan lemak yang berasal dari lauk pauk, seperti ikan, telur, ataupun daging.

“Jangan lupa sayur dan buah. Ini penting karena mengandung vitamin, mineral dan serat,” ungkap Fiastuti.

Dengan mengonsumsi serat yang berasal dari sayur dan buah, tubuh dapat menahan rasa lapar lebih lama. “Serat ini bisa membuat rasa kenyang itu bertahan lama,” terangnya.

Terakhir adalah mengonsumsi air putih untuk memenuhi cairan tubuh. Dengan begitu, rasa haus akibat berpuasa dapat teratasi ketika konsumsi cairan tubuh terpenuhi dengan baik.

“Memenuhi cairan tubuh juga harus dilakukan. Minimal tiga gelas, sebelum sahur, saat sahur dan pas mau imsak. Konsumsi air putih saja,” tutup Fiastuti.