News

Pentingnya Memeriksa Pelumas Mesin Sebelum Mudik


Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya kendaraan diberikan pengecekan, salah satunya yaitu kondisi pelumas. Soalnya, apabila kondisi pelumas tak baik, perjalanan mudik dapat menemui berbagai kendala atau lebih parahnya mobil mogok di jalan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat apakah sudah mendekati waktu penggantian pelumas. Apabila sudah mendekati, ada baiknya dilakukan penggantian segera.

“Kalau sudah dekat waktu penggantian lebih baik diganti saja. Pada dasarnya perjalanan mudik sama seperti berkendara sehari-hari, hanya saja dengan pelumas baru maka performa mesin akan lebih baik tentunya,” ucap Shofwatuzzaki, Technical Advisor Shell Lubricants Indonesia.

Selain itu, pengecekan diperlukan untuk mengetahui banyaknya pelumas di dalam mesin. Hal ini penting terutama untuk mobil yang berusia cukup lama. Dimana kemungkinan mesin mengalami kebocoran pelumas dapat saja terjadi.

Jika memungkinkan lakukan perbaikan pada sumber kebocoran. Apabila tidak sempat sebaiknya lakukan penambahan pelumas, bahkan selama perjalanan mudik berlangsung.

Sumber: http://www.otosia.com/berita/pentingnya-memeriksa-pelumas-mesin-sebelum-mudik.html