News

Mudik Naik Motor Bawa Barang, Hindari 3 Hal Ini


Musim mudik akan berlangsung dalam beberapa hari dari sekarang. Soal pilihan alat transportasi, penggunaan sepeda motor tidak sedikit menjadi pilihan.

Jika bersikeras naik sepeda motor untuk mudik, setidaknya ada tiga hal yang harus dihindari dalam urusan membawa bagasi atau barang, seperti yang sudah diwanti-wanti M Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

“Baik saat memakai skutik maupun sepeda motor sport, hindari menambah dimensi sepeda motor (lebar, panjang, tinggi) dari standar karena dapat berpengaruh terhadap handling dan membahayakan diri maupun orang lain,” ujarnya untuk hal pertama yang harus dihindari.

Yang kedua, bagi pemakai sepeda motor model sport atau bertangki di depan selangka, ia menyarankan untuk hindari peletakan barang bawaan di atas tutup tangki. Kenapa?

“Meletakkan barang di atas tutup tangki bahan bakar dihindari karena menghalangi sirkulasi udara ke tangki dan nantinya menyulitkan pengisian bahan bakar,” ujarnya.

Yang ketiga, barang bawaan pun jangan sampai melebar ke samping, khususnya ke bagian filter udara sepeda motor.

“Hindari meletakkan barang tepat di depan lubang hisap filter udara karena akan menghambat suplai udara ke mesin,” kata Abidin.

Di luar tiga hal itu, ia juga menyarankan pentingnya kaitan tata letak barang dengan titik pusat keseimbangan sepeda motor.

“Kalau memungkinkan, letakkan barang mendekati titik tengah sepeda motor (center of gravity) supaya handling tetap terjaga. Misal untuk matic letaknya di depan pengendara (dek tengah), dan sport menempel dibelakang pengendara.”

Sumber: http://www.otosia.com/tips/mudik-naik-motor-bawa-barang-hindari-3-hal-ini.html