News

Mengapa Dilarang Membuka Radiator yang Sedang Overheat?


Radiator mobil punya peranan sangat besar dalam menyetabilkan temperatur mesin agar komponen penggerak kendaraan ini tidak terlalu tersiksa ketika dipakai. Jika suatu ketika terjadi masalah pada radiator atau mungkin karena mobil dipakai terlalu berlebihan tanpa henti, maka risiko yang mudah timbul adalah overheat.

Tanda-tanda overheat biasanya muncul ketika mobil yang biasa melaju normal tiba-tiba terasa kurang nyaman dan terakhir mobil akan mogok dengan sendirinya. Saat itulah tunggangan sangat perlu untuk istirahat sejenak agar mesin cepat dingin dan bisa diajak berjalan lagi. Langkah cepat yang harus Anda lakukan saat berhenti adalah segera cek kondisi radiator.

Cek apakah air di dalam komponen ini tidak dalam keadaaan habis. Namun sangat dilarang untuk dibuka ketika kondfisinya masih sangat panas. Diamkan dulu beberapa saat sampai terlihat agak dingin, karena jika volume masih besar, air akan muncrat dan bisa saja melukai Anda. Apalagi saat itu air dalam kondisi sangat panas atau bahkan mendidih.

Setelah dirasa aman, lakukan pengecekan volume air dan tambahkan liquid untuk mengembalikan fungsinya seperti sedia kala. Selain itu, periksa juga adakah kebocoran pada radiator sehingga sempat menguras isinya yang mengakibatkan mobil sangat cepat panas.

Trik ini bisa Anda aplikasikan dan menjadi kewaspadaan bagi Anda ketika mudik liburan mendatang. Apalagi untuk Anda yang paling demen dengan mobil tipe-tipe lama yang belum menguasai system pendinginan modern.

Sumber: http://www.otosia.com/berita/mengapa-dilarang-membuka-radiator-yang-sedang-overheat.html