News

Cara Merawat Cat Mobil Tanpa Pusing


Permukaan mobil tentunya adalah hal pertama yang tampak saat orang melihat mobil anda. Tentunya anda tidak ingin mobil anda memiliki cat yang kusam atau terkesan kotor. Ada cara yang mudah supaya cat mobil anda tetap awet seperti baru.

Yang pertama kali dapat dikerjakan adalah hindarkan mobil dari cahaya UV atau cahaya matahari yang terlalu berlebih. Waktu berhenti carilah tempat parkir yang teduh bila mobil bakal diparkir lama.

Namun sekarang ini jarang tempat parkir yang teduh, hal semacam ini dapat Anda tangani dengan memakai sarung mobil atau penutup mobil lainnya.

Selanjutnya adalah memakai sabun atau sampo mobil saat membersihkan mobil, lantaran sampo mobil mempunyai kadar yang sudah sesuai untuk menjaga cat mobil.

Jangan memakai deterjen serta sabun colek untuk membersihkan mobil lantaran menyebabkan bodi mobil makin menipis serta menjadikannya kasar, banyak yang menunjukkan bahwa menyuci mobil memakai sabun colek serta deterjen beresiko pada warna mobil yang tidak rata serta tak tampak bersih.

Setelah itu, bersihkan sisi luar mobil dengan kain yang halus atau tak kasar. Umumnya telah ada kain khusus untuk lap mobil seperti chamois atau kanibo. Bila Anda tak memiliki kain Chamois, anda juga bisa memakai kain lain yang memiliki bahan halus serta lembut.

Waktu membersihkan bodi dengan kain lap , kondisikan kain itu dalam situasi bersih, lantaran bila kain itu kotor bisa menyebabkan bekas-bekas noda serta bembuat warna cat tampak tak bersih.

Berikutnya, perhatikan bodi. Bila bodi mobil dalam situasi kering jadi harus menyiramnya terlebih dulu, banyak yg tidak tahu bila melap bodi dalam situasi kering bisa menyebabkan bodi tampak tak bersih serta meninggalkan sisa goresan kecil.

Partikel debu serta kerikil yang melekat pada body mobil bisa menggores cat mobil. Berikan pelumas spesial sewaktu pengelapan serta tak mengelap dengan cara mengulangi sisi yang telah bersih, kerjakan dengan teknik searah jarum jam atau memutar dari samping kiri ke kanan.

Langkah selanjutnya yakni membersihkan mobil dengan teratur. Pencucian dengan teratur mempunyai tujuan untuk menghindar kotoran yang melekat terlampau lama lantaran bisa kurangi kilau cat mobil.

Namun mencuci mobil jangan sering-sering, minimum satu minggu sekali waktu musim kemarau, serta seringkali lagi saat musim hujan. Waktu mobil Anda terserang air hujan, segera siram dengan air bersih lantas keringkan atau dapat langsung mencucinya. Nyatanya air hujan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi hingga bisa memudarkan cat mobil bila dilewatkan.

Terakhir yaitu memarkir kendaraan waktu malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan ditempat yang terbuka lantaran air embun bisa memudarkan cat serta kurangi ketahanan bodi mobil.

Bila hal semacam ini dilewatkan dengan cara terus-terusan bisa menyebabkan bod mobil mengalami retak-retak kecil. Gunakan sarung mobil waktu parkir untuk melindungi dari benda-benda yang bisa memudarkan cat mobil.

Sumber: http://www.otosia.com/berita/cek-cara-merawat-cat-mobil-tanpa-pusing.html