News

Cara Hilangkan Suara Rem Tromol Mendecit Saat Musim Hujan


Beda musim, beda pula penyakit sepeda motor yang kerap kali menyerang. Apalagi untuk motor-motor tahun lama yang masih menggunakan peranti lawas seperti rem tromol. Kalau disaat seperti ini, paling sering rem tromol terguyur oleh air hujan dan tidak jarang mengeluarkan suara mendecit seperti suara tikus kejepit pintu.

Jika Anda menemukan motor bersuara berisik dan mengganggu seperti itu, berarti sudah waktunya untuk bongkar-bongkar motor!

Ada tiga kemungkinan mengapa rem tromol sering berdecit, pertama bisa saja karena kampas rem sudah waktunya ganti alias tipis. Kedua, kampas rem terkena air sehingga licin dan disana banyak kotoran bersarang. Atau ketiga adalah kombinasi keduanya, jadi bukan hanya tipis, tapi juga sekalian kena air.

Kalau kampas rem ditemukan masih bagus, berarti Anda hanya harus membersihkannya saja. Copot kampas kopling dan bersihkan dengan air sabun detergen. Lalu, amplas permukaannya dengan kertas gosok agar kemabli kesat dan cekat sehingga memperbesar gaya gesekan untuk mengoptimalkan pengereman.

Perhatikan juga jangan sampai kampas rem sedikit saja terlumuri oleh oli karena bukan lagi berubah kesat, rem malah semakin licin dan pastinya berbahaya karena proses pengeraman sangat tidak efektif.

Sumber: http://www.otosia.com/berita/cara-hilangkan-suara-rem-tromol-mendecit-saat-musim-hujan.html