News

Cara Ampuh Membersihkan Noda Pada Jok Mobil


Bagi pengguna kendaraan pribadi khususnya roda empat seperti mobil, memang akan terasa menyenangkan jika lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kabin dengan berbagai aktivitas. Belum lagi kemacetan jalan yang tidak bersahabat memaksa Anda untuk melakukan aktivitas rutin, seperti makan hingga berdandan di dalam mobil. Namun, tentu Anda harus siap menerima konsekuensinya, mobil kotor dan sisa-sisa makanan menempel pada jok mobil.

Perlu diketahui, ada dua jenis material jok pada mobil yang biasa digunakan, yakni bahan kain (beludru) dan bahan kulit. Perlu perawatan yang berbeda untuk setiap jenis material. Pasalnya jika sampai salah menggunakan jenis pembersih malah akan merusak kontur jok mobil.

Untuk Jok Berbahan Kain

Dalam membersihkan jok mobil berbahan dasar kain, Anda bisa menggunakan deterjen yang lembut, dengan melakukan beberapa langkah. Pertama, Anda bersihkan debu dan sisa-sisa kotoran (bisa makanan atau tumpahan minuman) pada jok dengan vacuum cleaner (penyedot debu). Kedua, campurkan detergen yang direkomendasikan dengan air hangat.

Kemudian, rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas remas spons untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan dengan perlahan jangan sampai jok terlalu basah.

Setelah jok mobil bersih, basahi handuk dengan air dingin untuk menghilangkan sisa endapan detergen pada jok.

Untuk Jok Berbahan Kulit

Jok berbahan kulit cenderung lebih banyak dipilih karena lebih mudah dibersihkan saat kotor. Padahal, tak sesederhana itu, jok dengan bahan kulit juga membutuhkan perawatan tambahan.

Demi menjaga kualitas jok dengan bahan kulit, Anda dapat membersihkannya dengan vacuum cleaner dan mengelapnya menggunakan pembersih khusus jok berbahan kulit.

Setelah jok kulit dibersihkan, pastikan tidak ada bekas endapan deterjen pada jok dengan kain lembut yang dibasahi dengan air bersih. Oleskan cairan atau kondisioner khusus untuk merawat jok berbahan kulit. Bersihkan jok 2 minggu atau satu bulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.