News

Benarkah Pasang Isolator di Pipa AC Bermanfaat?


Memberi isolator pada pipa sistem AC sering dipercaya dapat menahan udara, sehingga kabin dapat lebih cepat dingin. Padahal hal ini tidaklah benar. Menurut Ferry Jensen dari bengkel AC Rotary Bintaro, tindakan tersebut justru berbahaya.

“Banyak yang menyekat pipa AC biar dingin katanya. Padahal itu tidak ada pengaruhnya. Malah udara panas jadi sulit terbuang. Ini kan bahaya, bisa terbakar sekatnya,” jelasnya.Mobil yang keluar dari pabrikan memang sudah memiliki beberapa sekat. Namun, sekat itu sendiri tidak bertindak sebagai pengikat udara, melainkan untuk menghindari kontak langsung dengan komponen lain.”Bantalan, memang sudah ada. Bisa dilihat lokasinya tidak di semua titik, paling di tempat yang berisiko kepentok komponen lain saat mobil berjalan,” ungkapnya.

Untuk menjaga udara AC tetap dingin, Ferry menekankan untuk menjaga kebersihan sistem AC. Sistem AC adalah komponen yang cukup rentan akibat kotoran yang menumpuk.

“Intinya jaga kebersihan terus. Bukan hanya menjaga AC tetap dalam kondisi prima, udara dalam kabin juga jadi bersih. Kesehatan kita jadi ikut terjaga,” jelasnya.

Sumber: http://www.otosia.com/berita/benarkah-pasang-isolator-di-pipa-ac-bermanfaat.html